Selasa, 12 Agustus 2008

Ngeprint pake fax

Jam satu malam kita harus ngeprint sesuatu, eh... ternyata tintanya habis... Gimana dong? Sementara dirumah ada mesin fax, masa harus ke rumah tetangga, terus minjem telp buat ngefax pake notebook ke nomer rumah kita? Sayang ya, mesin fax enggak ada port buat ke PC.

Sebenernya caranya gampang kok, cuma perlu beberapa komponen supaya kita bisa ngeprint di mesin fax memakai modem yang terdapat di notebook kita. Yang dibutuhkan adalah:

1. Kabel telepon
2. Resistor sekitar 1 kilo ohm
3. Batere 9 volt kotak



Setelah semuanya dihubungkan, setting fax harus ‘blind dialing’ artinya, modem tidak perlu menunggu ‘dial tone’ untuk memulai pengiriman data. Nomor tujuan juga sembarang saja.
Kadang2 perlu mengatur nilai resistor agar pengiriman fax bisa berhasil. Rangkaian ini juga bisa dipakai untuk hubungan 2 buah telepon, hanya saja tidak bisa menghasilkan bunyi ‘ring’.

1 komentar:

sewa tanaman mengatakan...

wah menarik, bos mohon bantuannya dong, kalau menerima dan mengirim fax dari pc bagaimana caranya, padahal tidak ada line telp. modem hp bisakah, atau alat apa yang digunakan yang penting murah, dan portable, di pc sudah saya instal wifax pro. trimakasih