Selasa, 12 Agustus 2008

Mikrokontroller dan GSM/GPRS

Mungkin ada yang sedang mendalami pengiriman SMS memakai Handphone? Tentu saja familiar dengan format PDU. Sayangnya, beberapa handphone (Misalnya Siemens C60, dll) hanya mempunyai PDU format saja sehingga konversi cukup rumit. Untuk lebih memudahkan, gunakanlah GSM Modem yang memiliki kemampuan Text Mode, sehingga perintah membaca SMS menjadi:

AT+CMGL=”REC UNREAD”

Sedangkan untuk mengirimkan SMS adalah:

AT+CMGS=”+6281324852500”
> Ini isi smsnya [ctrl-Z]

Mudah bukan? yang pasti tidak repot, bayangkan harus membuat konverter PDU dengan mikrokontroller, yg pasti cukup memusingkan!

GSM Modem yang dijual di pasaran ada yang USB, ada juga yang Serial, saya pernah mencoba GSM Modem yang USB, dan formatnya seperti diatas.

Bagaimana dengan data GPRS? Apakah mungkin mikrokontroller bisa mengirimkan data GPRS?

Jawabannya mungkin, asal GSM Modemnya sudah dilengkapi dengan TCP/IP Stack (Sony Ericsson GR47/GR64), jika tidak, kita harus membuat kode khusus untuk TCP/IP nya. Syarat kedua, komuniksasi GPRS dilakukan dari GSM Modem (client) ke server, tidak bisa ke sesama client (beda dengan SMS), oleh karena itu, dibutuhkan server yang memiliki public IP sehingga dapat menerima data dari client.

BIaya GPRS sangat murah apabila dipakai untuk pengiriman data, lagi pula coveragenya se Indonesia (bahkan mungkin dunia, karena di Singapur, GPRS telkomsel juga jalan....) Suatu saat GPRS ini akan menggeser kedudukan radio trunking untuk data. Satu-satunya yang tidak bisa digantikan GPRS adalah di tengah lautan...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas, saya sedang mengerjakan tugas menghubungkan AVR ATMEGA8535 dengan handphone menggunakan USART supaya bisa mengendalikan beban, misal nyala dan matinya lampu melalui SMS, saya bingung membuat programnya. Apakah mas bisa bantu? tolong yah.... kirim ke mindit_eriyadi@yahoo.co.id kalo bisa yang pake bahasa C biar saya agak ngerti hehehe. makasih banyak