Minggu, 03 Agustus 2008

Dasar:Voltage dan BIT

Pada bagian menyalakan LED memakai paralel port PC kita sudah membuktikan bahwa dengan menulis pada Port Paralel (0x378 = address paralel port) kita bisa menyalakan atau mematikan LED yang disolder pada paralel port. Pertanyaannya, kenapa LED bisa nyala atau mati? Tentu saja karena pada terminal/pin yang terhubung dengan paralel port terdapat tegangan. Kenapa kalau terdapat tegangan LED bisa nyala? ya iya dong, makanya lampu dirumah kita juga bisa nyala kalo ada tegangan PLN....

Hmm... kalo gitu, saya hubungkan aja pin paralel port ke setrikaan, jadi saya bisa menyetrika baju sambil maen komputer. Bisa enggak ya?

Sayangnya, jawabannya enggak bisa, karena tegangan yang keluar dari paralel port jauh dibawah kebutuhan tegangan untuk setrikaan, dimana setrikaan membutuhkan tegangan 220 volt, sementara tegangan yang keluar dari paralel port hanya 5 volt, jauh bukan?

Kenapa 5 Volt?

5 Volt adalah standar tegangan pada sistem digital (meskipun sekarang beberapa komputer sudah menurunkan tegangan standar ini menjadi 3.3, 2.85, dan bahkan 1.5 volt pada CPU modern).

Jadi, bit HIGH=1 direpresentasikan dengan tegangan 5 Volt, dan bit LOW=0 direpresentasikan dengan tegangan 0 Volt (0 Volt = tidak ada tegangan).

Bagaimana dengan 2.5 Volt? termasuk HIGH atau LOW?

Dari standar sinyal TTL, biasanya tegangan 3 – 5 volt adalah high, dan tegangan 0 – 0.8 volt adalah LOW. Sedangkan diantaranya, adalah UNKNOWN state, artinya, kalau tegangannya pada 2.5 Volt, sistem akan ‘bingung’ menentukan apakah itu HIGH atau LOW (kalo sistem digital anda mengeluarkan tegangan yang diluar batas2 standar TTL, berarti ada yang salah...)

Dengan adanya perbedaan tegangan yang cukup significant antara HIGH dan LOW, diharapkan adanya noise yang mengganggu sistem tidak akan mengganggu hasilnya. Bayangkan, kalo perhitungan digital bisa terganggu akibat noise, perhitungan2 yang dilakukan komputer akan meragukan hasilnya. Iya kan? Oleh karena itu, sebuah VCD film tidak akan berkurang kualitasnya meskipun anda mendapatkannya dari hasil pengcopyan (turunan) ke 100 dari aslinya! Hal ini karena isinya hanya terdiri dari HIGH dan LOW. Berbeda dengan mengcopy kaset biasa, saya yakin pengcopyan (turunan) ke 10 mungkin kualitasnya akan sangat jelek.

Tidak ada komentar: