Minggu, 09 November 2008

Bisnis internet

Apa sih bisnis internet? Saya jg gak ngerti seperti apa sih bisnis lewat internet itu. Yg saya rasakan sih, untuk mencari barang2/komponen elektronik murah dari Taiwan/China lewat website www.alibaba.com. Kirim imel, transfer uang, tunggu satu minggu dateng deh barangnya. Selama ini belum ada kejadian barang tidak dikirim setelah dibayar, meskipun memang diakui resiko nya cukup besar, karena setiap transaksi pembayaran harus dimuka. Yah... namanya jg bisnis, pasti ada resikonya.
Kalo kita buka www.detik.com, www.okezone.com, memang tergiur juga untuk membuat website sejenis, pasang iklan di web site itu harganya lumayan aduhai... Tapi diakui memang, untuk menjadi detik.com seperti sekarang, perjalannya panjang sekali, pada zaman awal mula internet menjamur di Indonesia, banyak sekali yang tertarik untuk berinvestasi di bidang ini, tapi lama kelamaan berguguran, hanya beberapa yang bertahan, salah satunya ya detik.com.
Untuk menjadi www.google.com, www.detik.com, www.yahoo.com, tentu saja banyak sekali effort yang keluar, enggak semata2 hari ini register domain, bikin html, upload ke server, besoknya udah sejuta pengunjung. Enggak semudah itu. Kita lihat www.okezone.com, untuk 'dikenal' oleh masyarakat, mereka harus berinvestasi memasang iklan di TV, mungkin habis puluhan milyar... Padahal, hanya untuk membuat kita penasaran mengetik www.okezone.com di address bar internet explorer.
Begitulah, bisnis kontent di internet memang terlihat menggiurkan, tapi... enggak mudah juga untuk sukses... Banyak effort dan pengorbanan yang mesti dikeluarkan.

Tidak ada komentar: